CCNA adalah singkatan dari Cisco Certification Network Associate. CCNA ini Menggunakan tabel dan protocol routing yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas data. Paket data yang tiba di router diperiksa dan diteruskan ke alamat yang akan dituju. Agar paket data yang diterima dapat sampai ke tujuannya dengan cepat, router harus memproses data tersebut dengan sangat tepat. Untuk itu, Cisco Router menggunakan Central Processing Unit (CPU) seperti yang digunakan di dalam komputer untuk memproses lalu lintas data tersebut dengan cepat. Seperti komputer, cisco router juga mempunyai sejumlah jenis memori yaitu ROM, RAM, NVRAM dan FLASH, yang berguna untuk membantu kerjanya CPU. Selain itu dilengkapi pula dengan sejumlah interface untuk berhubungan dengan dunia luar dan keluar masuk data. Sistem operasi yang digunakan oleh cisco router adalah Internetwork Operating System (IOS). Memori yang digunakan oleh cisco router masing-masing mempunyai kegunaan sendiri- sendiri.

     Untuk Program sertifikasi CCNA ini bahwa telah dikeluarkan oleh cisco pada tahun 1998. CCNA merupakan sertifikasi tingkat intermediate (menengah) yang berarti lulusan pemegang sertifikat cisco CCNA dianggap sudah mampu mengelola jaringan level medium-high skala enterprise.

    Namun pada tahun 2007, cisco menambah kebijakan lagi dengan mengeluarkan program sertifikasi CCENT atau Cisco Certified Entry Network Technician sebagai jenjang alternatif yang bisa ditempuh untuk mengambil sertifikasi CCNA.

     Ujian CCNA ini tidak memiliki prasyarat ujian yang harus diikuti terlebih dahulu, meskipun Cisco dan perusahaan lainnya biasanya menawarkan berbagai kursus pelatihan formal untuk membantu siswa mempersiapkan diri.

Topik yang dibahas pada ujian CCNA meliputi antara lain:


  1. LAN dan desain WAN (termasuk model OSI)
  2. IP addressing
  3. Protokol router dan routing (termasuk OSPF, EIGRP dan RIP)
  4. VLAN (virtual LAN) dan WLAN (LAN nirkabel)
  5. Terpisah dari sertifikasi CCNA ini, masih ada ujian dan sertifikasi lainnya yang disediakan CISCO seperti CCNA Security, CCNA Voice dan CCNA Wireless.

     Untuk lulusan Jurusan Teknologi Jaringan Komputer jika telah menguasai CCNA harus mempunyai sertifikat CCNA nya. Jika anda sudah mempunyai setrifikat CCNA pasti akan mudah mendapatkan pekerjaan yang terbaik.

Sekian artikel singkat dari saya, semoga bermanfaat :-)

kunjungi juga :
https://supertekno22.blogspot.com/2018/11/pengertian-fungsi-dan-jenis-software.html


6 komentar:

  1. Wahhh ternyata mempunyai sertifikat CCNA sebegitu pentinya ya sis baru tahu :v :-d :-d :-d :-d

    BalasHapus
  2. Ngincer sertifikat CCNA ahh biar udah dapatkan si dia ehh pekerjaan maksudnyaa:)) haahha

    BalasHapus
  3. secepatnya saya akan mendapatkan sertifikat CCNA tersebut hhe :v

    BalasHapus

 
supertekno © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top